Teknik Komposisi Foto Untuk Skill Fotografi Online yang Semakin Maju

Teknik Komposisi Fotografi Online

Teknik Komposisi Foto

Foto merupakan salah satu dokumen yang kini sangat mudah diperoleh oleh hampir setiap orang. Beberapa diantaranya menjadi seorang pengambil foto atau fotografer. Mereka yang bukan ahlinya pun kini bisa menjadi seorang ahli di bidang tersebut.

Menggeluti bidang fotografi bisa menjadi solusi. Terlebih pada saat ini dimana mencari pekerjaan memerlukan waktu yang cukup lama. Dengan mempelajari teknik khusus, Anda bisa menjadi seorang fotografer baik secara online maupun umum. Namun, akhir-akhir ini sistem online lebih diminati dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Salah satu hal yang bisa dipelajari untuk melatih skill fotografi ialah memperhatikan teknik komposisi foto. Hal ini merupakan dasar yang perlu dilakukan untuk memperoleh hasil foto yang sangat bagus. Apa saja yang perlu dipelajari ? Berikut uraiannya.

Rule of Third

Teknik ini merupakan teknik yang paling dasar bagi para fotografer. Anda harus membagi bidang foto hingga menjadi 9 kotak sama besar atau 3x3. Gunakan point of interest atau POI diatas garis atau titik bidang yang ada. POI harus ditempatkan pada sebuah titik atau garis agar hasilnya menarik dan terlihat bagus.

POI diletakkan pada setiap titik atau garis tersebut. Hal tersebut bisa berupa objek atau bagian mata. Untuk mendukung teknik komposisi foto ini, Anda bisa menggunakan kamera digital yang memiliki fitur rules of third (grid). Fitur tersebut bisa digunakan pada mode layar live view atau pada view finder-nya.

Golden Shape

Teknik ini merupakan komposisi foto dengan cara membagi bidang foto yang bertepi garis nyata ataupun yang bertepi maya. Foto tersebut harus menjadi positif-negatif sehingga terlihat seperti kontras diantara kedua bidang tersebut. Dengan begitu, nantinya akan terbentuk satu kesatuan yang harmonis.

Teknik komposisi foto ini akan membagi bidang positif-negatif secara tepat dan seimbang. Hal ini dapat membuat foto akan terlihat sangat terkomposisi dengan baik. Untuk pembagian bidang positif negatifnya Anda bisa menggunakan perbandingan 50:50 atau 30:50 tergantung bagaimana keinginan atau selera Anda.

Simetris (Centred Composition)

Teknik ini akan meletakkan objek lalu membagi bidang foto dengan sama rata antara kanan dan kiri. Bagian tersebut harus terlihat simetris sehingga lebih indah dipandang. Seperti jenis seni rupa lainnya, hasil foto yang ada haruslah simetris dan memiliki keseimbangan dalam hasilnya. Anda harus memperhatikan hal tersebut agar Anda bisa menjadi fotografer yang handal terutama dalam sistem online.

Repetition dan Pattern

Berdasarkan nalurinya, manusia lebih tertarik dengan pola yang harmonis atau pattern. Teknik komposisi foto yang berpola atau perulangan akan menjadi karya foto yang sangat bagus. Pola dan perulangan bisa diperoleh melalui pemilihan angle foto yang tepat. Selain itu, pemilihan jarak antara lensa dan objek lensa harus sesuai dengan objeknya sedemikian rupa. Tujuannya tidak lain agar hasilnya bisa lebih menarik.

Contohnya, lahan yang memiliki tanaman hijau memiliki pola perulangan yang menjadikan foto menjadi lebih menarik. Adapula lanskap kota yang tersusun rapi sehingga membentuk pola yang menarik. Hasilnya foto tersebut akan lebih terlihat bagus. Anda bisa menjadikan contoh tersebut untuk dijadikan objek foto untuk proses latihan Anda.

Itulah beberapa teknik komposisi foto yang bisa Anda pelajari untuk mendapatkan skill foto yang lebih bagus. Teknik dasar ini bisa Anda kembangkan untuk membuka fotografi online yang saat ini tengah digemari. Anda bisa mulai mempelajarinya dan mempraktekkannya. Lakukan latihan dengan rutin agar kemampuan Anda bisa lebih terlatih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel