Tips Menggunakan Aplikasi Lightroom untuk Foto Instagram

Salah satu aplikasi yang cukup banyak dipakai untuk keperluan editing foto melalui smartphone adalah Adobe Lightroom. Lightroom banyak dipakai untuk membuat foto jadi lebih menarik dan terlihat berbeda. Pengguna instagram yang sudah memiliki jumlah pengikut banyak, umumnya mempunyai editor handal dan sebuah aplikasi edit foto terbaik, dan Lightroom menjadi salah satu aplikasi yang mereka gunakan.

Jika kamu ingin mencoba menampilkan foto terbaik di Instagram, Berikut ini tips memakai aplikasi Lightroom yang bisa dicoba untuk mempercantik postingan foto di Instagram kamu. 

Tips Menggunakan Aplikasi Lightroom untuk Foto Instagram

Download Aplikasi Lightroom

Unduh Aplikasinya terlebih dahulu melalui layanan resminya di Google Playstore atau kalau kamu sudah memasangnya di smartphone, sebaiknya diupgrade terlebih dahulu untuk menghindari bug dalam pengeditan foto. Setelah di download bukalah lebih dulu lalu Pelajari tools-tools yang ada di dalamnya. Setelah itu, siapkan foto untuk diedit. 

Ada 5 rumus penting yang bisa diterapkan untuk menghasilkan foto yang bagus:

Pertama, yaitu Pencahayaan

Pencahayaan adalah hal terpenting dari visual sebuah foto, sebelum mengedit dengan banyak efek atau tool lainnya, cobalah perhatikan pencahayaan foto yang akan di edit. Pencahayaan yang bisa diubah sesuai rekomendasi bawaan lightroom itu sendiri.  

Pengaturan Warna

Setelah mengatur cahaya, atur warna. Pengaturan warna penting untuk tone. Foto sehingga memberikan dampak keindahan yang berbeda pada foto. Contoh pengaturan warna lightroom yang bisa dicoba dengan rumus: temp -2, tint 12, vibrance 38, dan saturation 10. 

Campuran Warna 

campuran warna pada foto akan menghasilkan kesan hidup. Jika diperlukan campuran warna, atur campuran warnanya dengan baik. Kebanyakan para pengguna Instagram menggunakan warna campuran violet dan pink saja dengan rumus: red -16, orange 14, yellow -100, Green -100, Aqua 0, Blue 10, Violet 0, dan Pink 0. 

Efek dan Ketajaman Warna

Selanjutnya ialah mengatur efek dan ketajaman warna. Efek dan ketajaman warna ini perlu dipertimbangkan baik-baik agar foto tetap enak dilihat. Kamu bisa mengubah ketajaman warna ke dalam tiga pilihan yaitu noise, reduction, dan color nose reduction. Sedangkan pengaturan lainya kamu bisa memilih perubahan untuk sharpening menjadi 16, radius menjadi 1.00, details 25, noise reduction 14, dan color noise reduction 8. 

Split Tone 

Pengaturan split tone perlu diperhatikan seusai kebutuhan. Kamu bisa mencoba highlight, shadow, dan balance. Pengguna insagram umumnya mengatur highlight dengan hue 261 dan saturationnya 18, lalu mereka akan meninggalkan shadow dalam keadaan 0, sedangkan balance diatur dengan hue -34. 

Jika semua pengaturan di atas sudah kamu lakukan, klik done agar editan tersimpan. Setelah itu, kamu bisa melihat hasil editan kamu lebih dulu sebelum diposting atau langsung saja share. Tapi perlu diketahui setiap foto memiliki karakter berbeda yang tentu saja tidak semuanya cocok dengan satu rumus di atas, namun intinya bagian inti editing foto lightroom adalah pada pencahayaan dan warna nya saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel