Marketplace NFT Untuk Menjual Karya Seni Photography

marketplace NFT untuk fotografi

Tidak dapat dipungkiri ramainya perkembangan non-fungible token / NFT menjadi angin segar bagi pecinta fotografi untuk menghasilkan pundi-pundi uang dari hasil jepretan kamera mereka. Disaat dunia "monetize" fotografi lesu, NFT hadir menawarkan cara baru dalam menjual karya seni fotografi.

Secara garis besar, NFT adalah barang digital yang diperjualbelikan menggunakan teknologi blockchain. Hampir mirip dengan cryptocurrency, NFT diperjualbelikan melalui platform khusus.

Sama halnya dengan situs-situs stockphoto menjual foto berupa NFT juga sangat mudah sekali namun perlu memikirkan konsep seni fotografi seperti apa yang akan dijual, karena para kolektor NFT akan memburu karya seni yang benar-benar unik serta original. Berikut ini adalah beberapa marketplace NFT untuk menjual seni fotografi.

TokoMall (Market Lokal)

TokoMall adalah tempat jual NFT terbaik pertama di Indonesia. Platform ini sangat terkenal karena merupakan pelopor ecommerce NFT lokal Tanah Air. TokoMall menjadi wadah perkumpulan kreator, artis dan merek-merek lokal dengan masyarakat luas. Siapapun bisa dengan mudah mendigitalisasi produk mereka menjadi NFT dan menjualnya di TokoMall. Keunikan utama TokoMall adalah NFT-NFT mereka bisa digunakan untuk ‘menebus’ produk yang sama dari brand-brand mitra mereka. Jadi ketika kamu membeli NFT art di TokoMall, maka kamu sekaligus mendapatkan barang fisiknya sesuai token jika kebetulan kreator memiliki bentuk fisik dari karya seni yang dijual.

Selain TokoMall ada juga beberapa marketplace lokal yang bisa dicoba seperti Baliola, Enevti, Paras ID, Artsky dan Kolektibel.

Nifty Gateway

Nifty Gateway adalah marketplace kripto NFT generasi pertama. Nifty Gateway menjadi platform yang menjual karya NFT termahal dari seniman Beeple. Ia pun sukses dinobatkan sebagai ecommerce kripto pertama yang sukses menembus penjualan ratusan juta dollar. Nifty Gateway juga didukung oleh platform kripto exchange “Gemini”. Selain itu, banyak artis kelas dunia berkumpul di platform ini untuk menjual karya spesial mereka.

Pengguna pun turut dimanjakan oleh fitur kurasi karya seni canggih. Alat ini akan membantu kamu dalam memilih aset yang benar-benar berkualitas, baik dari artis terverifikasi dan yang bukan. Jadi kamu akan terhindar dari kemungkinan penipuan/salah membeli aset.

Opensea

Opensea adalah ecommerce NFT terbesar dunia saat ini. Mayoritas pecinta NFT pun sering melakukan transaksi di Opensea. Koleksi aset digital Opensea super lengkap juga, mulai dari karya lukisan, desain grafis, lagu, game, GIF, hingga benda-benda koleksi nyata yang diperjualbelikan secara online. Menjual foto NFT di Opensea sangat mudah karena didukung banyak jenis dompet kripto: MetaMask, Bitski, Coinbase Wallet dan Formatic. Siapapun bisa menjual foto NFT tanpa batas, kamu bisa langsung mengunggah karya seni fotografi mu ke Opensea lewat fitur “Create”.

Contoh NFT yang dijual di Opensea bisa dilihat disini.

Mintable

Seperti OpenSea, Mintable adalah pasar NFT terbuka bermarkas di Singapura yang diluncurkan pada 2018. Platform satu ini adalah tempat yang tepat bagi pemain NFT yang ingin jual-beli berbagai bentuk NFT, dari karya seni hingga musik. Seperti pasar NFT sebelumnya, Mintable menerima mata uang crypto ETH. Dibanding opsi lain, Mintable mematok harga yang cukup murah. Untuk NFT biasa, Mintable mematok komisi 2,5 persen, 5 persen untuk gasless, dan 10 persen untuk NFT yang bisa dicetak.

Rarible

Rarible merupakan ecommerce NFT yang dikelola oleh komunitas publik. Platform ini berjalan di atas sistem blockchain Ethereum. Sama seperti marketplace lainnya, Rarible menawarkan beragam varian karya seni kolektif maupun digital art. Rarible termasuk dalam daftar 5 besar NFT marketplace yang punya volume penjualan terbanyak sedunia. Marketplace ini sangat direkomendasikan untuk investor pemula yang baru mencoba membeli atau menjual aset. Ini karena tampilan aplikasi yang sangat simpel, gampang dipahami dan dilengkapi fitur-fitur fungsional unggulan. Begitu juga tersedia banyak opsi pembayaran aset mulai dari MetaMask, MyEtherWallet, WalletConnect, Coinbase Wallet dan lain-lain.

SuperRare

SuperRare dikenal sebagai marketplace khusus NFT yang lebih simpel dari Rarible. Tampilan SuperRare lebih minimalis dan lebih baik daya kurasinya. Selain sebagai tempat jual beli kripto, banyak orang juga menjadikan SuperRare sebagai sosial media platform komunitas NFT. Alhasil ada banyak orang yang siap membantu Anda memilih dan menilai aset berdasarkan kualitasnya. Penjual pun tidak bisa sekadar menjual karya mereka. Sebelum karya seni dipublikasikan ke publik, aset tersebut harus lolos kurasi oleh komunitas SuperRare. Proses penilaian ini dinilai sebagai poin plus mengingat banyaknya karya seni palsu yang dijual online.

Marketplace dalam negeri dan kelima marketplace luar negeri di atas sudah cukup untuk menjual karya seni fotografi dalam bentuk NFT. Jika dirasa masih kurang atau tidak sesuai dengan seleramu ada beberapa tempat lagi yang bisa dicoba untuk menjual seni fotography diantaranya seperti 
  • Foundation
  • Hic et Nunc
  • Unique One Photo
  • Know Origin
  • Axie Infinity
  • Decentraland
  • Makerplaces
  • Myth Market
  • Enjin
  • Bakery Swap
  • Automic Hub

Marketplace NFT saat ini sudah cukup banyak, terlepas dari segi kelebihan dan kekurangannya, yang perlu diperhatikan saat kamu ingin menjual foto dalam bentuk NFT adalah keunikan foto dan konsep seni yang punya nilai jual, karena jika foto yang dijual biasa saja, bisa dipastikan tidak akan laku, sebab berbagai seni fotografi sudah sangat banyak ditampilkan di situs-situs stockphoto baik yang berbayar maupun yang gratisan. Jadi konsep fotografi harus dipikirkan terlebih dahulu agara penjualan karya laris manis. Selamat mencoba keberuntungan di NFT.